Header

Butuh Kerja Ekstra di Jalur Musik Indie

Butuh Kerja Ekstra di Jalur Musik Indie - GeMusik.com

Butuh Kerja Ekstra di Jalur Musik Indie - GeMusik.com

Butuh Kerja Ekstra di Jalur Musik Indie - GeMusik.com

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

GeMusik – Ketatnya persaingan sebuah industri musik dan tidak semua musisi bisa lolos label rekaman ternama, menjadikan pilihan bermusik secara independen kian banyak diminati. Bermusik secara indie memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dapat bermusik sesuai keinginan atau idealis dan tidak terkekang tuntutan pasar. Namun, di sisi lain ada kendala berupa biaya yang harus dikeluarkan secara mandiri. Selain itu untuk menjadi dikenal banyak orang butuh kerja keras ekstra.

Siapa pun yang bekerja di industri kreatif, baik melukis, menulis, bermusik, dan lain-lain, pastinya jika karyanya semakin banyak diapreasi tentu akan menumbuhkan semangat lebih. Semangat yang besar dan berdampak menghasilkan karya yang lebih baik untuk para penikmatnya. Oleh karenanya bagi yang bergerak di jalur musik indie, ada baiknya melakukan hal-hal berikut agar karyanya kian dikenal dan semakin bersinar.

Buat Video Demo yang Keren

Perkembangan zaman kian pesat, Sob! Jadi tetap kudu kekinian agar tidak tergerus teknologi yang terus berkembang. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat video demo semenarik mungkin. Bisa dengan mengambil refrensi musisi luar negeri, namun tetap memperhatikan pengeluaran. Tidak hanya melulu video klip, namun bisa juga video lucu-lucuan, aktivitas ngeband, dan lain-lain yang bisa diunggah di platform video, misal Youtube dan vidio.com

Bagikan Nukilan Musik Kamu Secara Gratis

social-media-logoSetelah bikin video tidak ada salahnya membagikan sedikit potongannya, misal di  instagram, twitter, dan facebook. Biar makin dikenal tidak ada salahnya memberikan hadiah, semisal untuk satu orang dari banyak share video tersebut. Reward bisa berupa kaos, topi, dan lain-lain yang berkaitan erat dengan nama band kamu. Bikin fanspage dan fansbase juga biar makin dekat dengan penggemar. Sekarang juga banyak aplikasi musik, bisa dicoba semisal dengan memberikan satu sesi sebulan sekali duet langsung secara online dengan fans. Wah, fans pasti senang banget nih dapat kesempatan duet sama kamu.

Manfaatkan Youtube dan Pasang Iklan

video-logoSeperti yang disebutkan pada poin pertama. Memiliki channel sendiri di situs video ternama tersebut sudah barang wajib bagi kamu yang berkarya di jalur indie. Selain menjadi lebih dikenal, dengan memasang iklan dari google juga bisa meningkatkan pendapatan. Terlebih jika semakin banyak yang berkunjung ke channel kamu. Peribahasanya, sekali menyelam 2-3 pulau terlampaui.

Promosi di Radio Radio Online Maupun Offline

promo-radioMeski zaman sudah maju, tapi pendengar radio masih banyak sob. Jadi, promosi di radio perlu banget. Selain menyapa pendengar tentang proses kreatif maupun memperkenalkan band, kamu juga bisa memanfaatkan peluang lain. Semisal memberikan lagu demo untuk bisa dipromosikan atau diputar di radio tersebut. Selain radio offline, kini radio online juga makin banyak bertebaran. Tidak ada salahnya dicoba.

Aktif Mengikuti Festival dan Akrab dengan Fans

gathering-fans-cupumaniakBanyak festival musik yang melibatkan band-band indie. So, tidak ada salahnya mengikuti festival lebih sering. Hal ini akan membuat nama band-mu kian dikenal masyarakat luas. Selain itu dengan mengikuti festival, kamu juga bisa mengasah kemampuan panggung kamu jadi lebih baik dari satu festival ke festival berikutnya. Tidak menjaga jarak dengan fans juga jadi poin lebih, apalagi jika fans kamu sudah punya semacam komunitas. Sapa mereka, atau jika perlu bergabung dengan intensitas lebih. Percayalah tanpa pendengar dan penggemar, musik bukanlah apa-apa.

Membuat Blog Mandiri Atau Menjalin Kerjasama dengan Website Musik

website-logoMemiliki blog/website menjadikan fans lebih mudah mengenal band kamu. Seperti apa perjalanan karir dan profil masing-masing personel. Di blog/website tersebut juga bisa disediakan demo musik yang bisa didownload atau ingin membeli produk kamu. Atau jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk hal tersebut, bisa menggunakan opsi lain. Seperti bekerja sama dengan website musik yang punya kredibiltas tinggi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

You may also like ...