Header

Melanin Bertahan di Jalur Pop

Melanin Bertahan di Jalur Pop

Melanin Bertahan di Jalur Pop

Melanin Bertahan di Jalur Pop

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

GeMusik – Tak dapat dipungkiri, masuknya musik Jepang di Indonesia membawa pengaruh kuat. Warna Jepang memang populer di era 2000-an, dan akhirnya dikenal sebagai J-Rock (Japanese Rock), J-Pop (Japanese Pop) dan ada beberapa lagi istilah lainnya.

Munculnya budaya musik Jepang ini memang tak lepas dari peranan anime. Soundtrack dari anime-anime lawas yang diputar di TV nasional, seperti Sailormoon, Doraemon, Dragonball, Bakuso Kyodai Let’s & Go dan lainnya, menjadi awal kembalinya pengaruh musik Jepang ke Indonesia.

L’arc en Ciel termasuk salah satu band Jepang yang kemunculannya cukup mendobrak, baik dari segi musikalitas maupun fashionnya. Dari situ akhirnya banyak bermunculan band dari Indonesia yang melahirkan karya-karya beraliran J-Rock, J-Pop, J-Song dan sebagainya.

Kota-kota di Indonesia, selain Jakarta, yang juga ikut melahirkan band beraliran J-Pop adalah Kota Malang. Salah satunya Akuma band, yang  eksis membawakan J-Song sepanjang 2005. Mengalami pergantian personel hingga perubahan idealisme, sampai akhirnya berganti nama ‘Melanin’.

Seiring berjalannya waktu, mereka mulai mempunyai tujuan jelas, ingin agar nama Melanin bisa dikenal dan bisa meramaikan industri musik nasional, bahkan mereka juga ingin go Internasional.

Melanin terbentuk di akhir 2005, dan mulai aktif pada awal 2006. Mereka  tak henti-hentinya berkarya dan terus bergerak sampai saat ini. Pada 2008 sampai 2010, Melanin sempat menguji peruntungan di Jakarta, kota yang memang menjadi pusat pertaruhan hiburan musik di Indonesia.

Dan akhirnya pada 2011, Melanin memutuskan kembali ke Kota Malang. Dengan spirit local movement, mereka bertekad mengerjakan musik sendiri tanpa bantuan major label. Melanin cukup berani mencampurkan beberapa jenis genre dalam proses karyanya, dibalut cita rasa khas musik Indonesia.

Bersenjatakan nada dan irama khas serta mempunyai pemaknaan lirik yang mendalam, menjadikan band ini sangat layak diapresiasi.

Pada 2016 ini Melanin memutuskan bergabung dengan Sunset Road Records Malang, karena ada kesamaan visi dan misi, serta bisa saling menguntungkan. Mereka ingin ada simbiosis mutualisme dalam kerjasama ini.

Melanin tak pernah membuat album resmi sebelumnya, karya mereka hanya dalam bentuk single saja. Namun jumlah cukup signifikan, hampir 50 Lagu. Kini, Melanin bertekad merilis album pertamanya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

You may also like ...