Header

Step by Step Dalam Membuat Lirik Lagu

Step by Step Dalam Membuat Lirik Lagu

Step by Step Dalam Membuat Lirik Lagu

Step by Step Dalam Membuat Lirik Lagu

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

GeMusik – Pernah mendengar lagu yang liriknya dapat banget? Lirik lagu yang mudah dihapal dan sekali dengar langsung nyantol di kepala? Selain melodi, lirik memegang andil paling penting dalam elemen sebuah lagu. Namun, walau terkesan remeh, namun ternyata membuat lirik sebuah lagu itu tidak mudah lo.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar lagu yang dibikin tidak sampai salah kaprah. Nah, agar lirik lagumu tambah keren, coba lakukan lima cara ala GeMusik berikut ini.

Perbanyak Kosa Kata

Meski bisa menggunakan lirik dua bait saja dengan pengolahan aransemen musik yang baik. Namun, lirik lagu yang memiliki pilihan kata serta ada cerita di dalamnya menjadikan sebuah lagu jauh lebih spesial.

Tapi perlu kiranya agar tidak kehabisan kata dengan pilihan rajin membaca KBBI/EBI. Banyak personel band-band terkenal yang masih rajin membaca KBBI untuk menambah kosa kata dan memilih kata yang tepat untuk setiap lagu yang dibuat.

Kelebihan lain membaca KBBI adalah kita tidak sampai salah memilih kata. Hal ini bisa kita temukan seperti pada kata penggunaan acuh yang terlampau sering dipakai, tapi salah arti. Padahal acuh sendiri memiliki makna peduli, bukan cuek. Dan masih ada beberapa kata lain yang salah makna serta penempatan.

Pilih Tema yang Pas

Cinta. Tema ini pasti akan selalu tercetus pertama kali. Khususnya cinta pada lawan jenis. Tidak masalah sebenarnya mengangkat tema ini untuk materi lagu kamu, namun alangkah lebih bagus jika mengambil cinta yang lain. Semisal cinta pada perdamaian, cinta pada lingkungan, dan lain-lain.

Kalaupun mengambil tema cinta terhadap lawan jenis, coba cari sudut pandang yang sedikit berbeda. Kita bisa mencontoh sedikit dari Tulus, di mana biasanya seseorang lebih memilih untuk dicintai apa adanya. Namun, penyanyi yang sempat melakukan konser di San Fransisco akhir September 2016 ini berani mengambil cara pandang yang berbeda dalam lagu jangan cintai aku apa adanya.

Buat Plot untuk Lagumu

Dalam sebuah lagu biasanya ada semacam jalan cerita yang chemistry-nya semakin kuat dengan bantuan melodi. Jangan sampai lirik yang kamu buat cenderung membosankan karena kurangnya pondasi di dalamnya. Membuat kerangka, plot atau alur dalam sebuah lagu sangat diperlukan.

Hal ini akan semakin memainkan emosi pendengar lagu kamu. Lirik yang serupa grafik setiap baitnya.

Bikin Lirik yang Variatif

Setelah mengetahui pentingnya plot, kita akan tahu apabila lagu akan terasa semakin nyata dan bisa dibayangkan apabila liriknya variatif. Di sini maksudnya lirik tersebut bersifat viusal/deskriptif. Tidak hanya berisi kalimat romantis ala-ala quote, namun dengan lirik yang membuat pendengar bisa membayangkan setiap bait liriknya tentu akan membuat lagu tersebut kian bernyawa, dan juga agar berbeda dengan kebanyakan yang ada.

Buat Judul yang Bakal Mudah Diingat

Setelah melakukan penulisan lirik dan lain-lain, mematangkan judul lagu bisa jadi penentu lagumu bakal diingat pendengar atau tidak. Judul menjadi hal pertama yang dilihat atau didengar oleh konsumen. Judul yang khas, pastinya akan menarik minat calon pendengar.

Usahakan jangan menggunakan judul yang terlampau pasaran. Namun, judul tetap harus sinkron dengan lirik. Ada baiknya pula dalam membuat judul yang keren bisa dengan mencari refrensi lewat bacaan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

You may also like ...