Header

Total Dan Maksimal Dalam Bermusik

Total Dan Maksimal Dalam Bermusik

Total Dan Maksimal Dalam Bermusik

Total Dan Maksimal Dalam Bermusik

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

GeMusik – Meningkatkan kualitas dalam bermusik sudah jadi hal wajib yang mesti dilakukan seorang musisi. Sebab, bertambah tahun, tentu jumlah musisi makin bertambah dan tidak mungkin keberadaan sebuah band atau seorang musisi hanya berada di jalur yang itu-itu saja.

Tidak mau keluar dari zona nyaman dan berusaha berkembang akan membuat sosok tersebut hilang ditelan munculnya band atau musisi lain yang hadir dengan kualtias tinggi dan siap terkenal.

Maka, memaksimalkan diri dalam bermusik, terlebih jika musik tersebut sudah menjadi napas kedua penting kiranya untuk terus berproses. Berproses dalam meningkatkan kualitas bermusik yang bisa dibilang sangat penting. Nah, oleh karena itu coba lakukan beberapa hal yang sudah GeMusik rangkum berikut ini.

Memiliki Guru Musik Itu Penting, Sob!

a-violin-studentBelajar soal musik sebenarnya bisa dari mana saja, ada yang otodidak dari baca buku, browsing di internet, bahkan juga dari youtube. Namun, tetap, jika kamu punya seorang guru musik pastinya kualitas yang kamu miliki bakal jadi lebih baik.

Memilih pembimbing yang sudah berpengalaman mencetak band atau musisi handal bisa jadi refrensi yang bagus. Dengan adanya guru pembimbing ini semua hal yang akan dikerjakan jadi lebih terarah. Karena pada dasarnya berkarya adalah proses mendengarkan.

Mendengarkan masukan-masukan yang membangun pastinya kualitas bermusik juga akan jadi lebih baik. Tidak hanya soal pembimbing bagi penyanyi saja, penabuh drum, bass, juga gitar, perlu sekali untuk terus belajar dengan memiliki guru.

Latihan, Latihan, dan Jangan Bosan

Hal selanjutnya yang mesti dilakukan adalah terus belatih. Bagaimana pun tanpa latihan hasil yang maksimal hanya omong kosong. Pada dasarnya melakukan latihan yang ideal adalah satu jam. Latihan, latihan, dan jangan sampai bosan. Latihan di sini bukan hanya seputar menyanyikan lagu semata, namun juga belajar melatih kontrol.

Misal kontrol emosi, kontrol tempo, merasakan harmonisasi, serta kontrol dinamika yang tepat dalam setiap lagu. Melakukan latihan secara rutin akan bias menciptakan sebuah karya yang maksimal.

Perbanyak Refrensi dan Materi

refrensi-lagu-1Refrensi dalam bermusik itu bisa jadi contoh yang baik dalam meningkatkan kualitas diri atau band. Kita bisa belajar banyak dari musisi atau band lain misalnya. Tidak hanya yang ada dalam negeri saja, luar negeri itu wajib hukumnya. Namun, refrensi di sini bukan berarti kamu menjiplak irama musik luar lalu kamu adaptasi liriknya dengan lirik pribadi ya, Sob! Itu sama halnya dengan tindakan kriminal menjiplak.

GeMusik rasa pelaku musik disini sudah paham betul tentang mencari refrensi yang baik. Selain itu memperbanyak materi untuk musik sendiri itu perlu.

Bereksperimen Biar Musik Kamu Makin OK!

Poin ini sebenarnya sudah sempat disinggung, bereksperimen. Setelah melakukan pembelajaran dari guru, lalu berlanjut dengan latihan, serta mencari refrensi untuk menyempurnakannya adalah dengan bereksperimen. Eksperimen bisa dengan mengolah kembali atau bermain dengan genre baru. Menambahkan genre baru ke dalam musik yang sudah biasa dimainkan, seperti dangdut, keroncong, rapp, dimasukkan ke dalam musik pop, atau menambahkan unsur reggae ke dalam musik rock.

experimen-panggung-1-1Hal ini pasti akan membuat musik yasng dihasilkan jadi lebih segar di telinga pendengar. Mengolah yang sudah jadi ciri khas sebelumnya, misal genre yang kamu ambil adalah rock, selain suara yang harus powerfull, aksi panggung juga tidak boleh dilepaskan. Aksi panggung juga harus serasi dengan genre yang dimainkan, aneh kan, kalau mainin musik rock dengan aksi panggung yang serba anteng. Banyak ruang untuk bereksperimen, tentukan konsep yang jelas dan bereksperimen seluas-luasnya baik dari segi musikalitas ataupun aksi panggung.

Tetap Rendah Hati, Sob!

Setelah semua hal dilakukan rendah hati itu tetap perlu, meski sudah terkenal dan jadi musisi papan atas. Dengan menjadi rendah hati, segala masukan akan jadi bahan pertimbangan yang baik. Kalau sudah jumawa biasanya kritik dan masukan justru akan ditanggapi sebagai pelecehan terhadap kualitas yang sudah dimiliki sekarang.

rendah-hati-1

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

You may also like ...